Berikut Cara Mudah Membuat Bakso Aci

Selamat datang para pembaca yang luar biasa, bagaimana kabar usaha Anda hari ini? Bahagia rasanya kita bisa berjumpa kembali pada kesempatan yang berbahagia ini. Puji syukur semoga senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah referensi tentang usaha kuliner, yaitu bisnis bakso aci yang mencakup tentang bagaimana cara bakso aci dibuat dan tips sukses usaha bakso aci untuk pemula.

Bakso aci ialah salah satu jenis kuliner yang sangat akrab di lidah keluarga Indonesia, hampir semua wilayah di Indonesia pasti ada hidangan yang satu ini. Saat ini bisnis bakso aci pun lumayan familiar dan menyebar di tiap tempat, terlebih tidak jarang diantara para pelaku usaha kuliner saat ini menghidangkan bakso aci sebagai hidangan favoritnya.

Sejarah Bakso aci

Hidangan bakso aci mempunyai kaitan erat dengan makanan Tionghoa-Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan dengan istilah ‘bakso aci’ itu sendiri. Istilah bakso aci berakar dari kata Bak-So, istilah bakso aci pada kamus bahasa Hokkien memiliki arti ‘daging giling’. Di daerah asalnya yaitu Cina, bakso aci terbuat dari daging babi, binatang laut dan seterusnya.

Sedangkan di Indonesia sendiri, karena mayoritas masyarakat Indonesia ialah muslim, maka bakso aci yang dibuat pun bersumber dari daging yang halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Tidak sedikit dari pengusaha bakso aci yang kita temukan sekarang ini adalah pengusaha yang berasal dari Wonogiri dan Malang. Meskipun, tempat yang saat ini terkenal sebagai sentra pemroduksi bakso aci adalah Solo dan Malang.

Untuk pengusaha bakso aci yang datang dari Malang, perlu kita berikan 4 jempol. Kenapa? Sebab berkat kerja keras dan kegigihan merekalah, kita dapat menyantap lezatnya kuliner bakso aci di rumah, tanpa susah-payah keluar rumah. Sebab mereka kebanyakan menawarkan jualannya di lingkungan sekitar rumah kita.

Bakso aci Malang dan bakso aci Solo ialah sebuah masakan bakso aci yang dihidangkan dengan pepaduan khas resep Jawa. Bakso aci yang berasal dari China memiliki perbedaan dengan bakso aci Malang ataupun Solo.

Baca juga  Cara Membuat Crepes Ala Perancis yang Harus Dicoba
Bakso aci China umumnya dibuat dari daging babi dan hewan laut dan warnanya agak kecokelatan dan memiliki bentuk yang tidak bulat seperti yang kita jumpai di Indonesia. Sedangkan bakso aci Malang dan Solo dibuat dari daging sapi, sehingga menghasilkan bakso aci yang khas dengan corak abu-abu dan bentuknya bulat.

Bakso aci China umumnya tidak disajikan dengan kuah melimpah, berbeda dengan hidangan bakso aci Malang dan bakso aci Solo yang banyak kita nikmati di Tanah air. Kedua hidangan tersebut baik itu bakso aci Solo ataupun bakso aci Malang, pada tiap mangkoknya akan dilengkapi dengan kuah melimpah.

Akhir-akhir ini, cemilan yang terbuat dari bakso aci semakin variatif jenis nya, mulai dari bakso aci bakar, bakso aci goreng, bakso aci tusuk, bakso aci ikan, bakso aci cumi, bakso aci ayam serta masih banyak lagi macam-macam nya, sesuai dengan bahan dasar yang Anda gunakan.
Lezat atau tidaknya bakso aci yang Anda bikin, tergantung dengan bahan-bahan yang kita pilih. Pastikan bahan baku yang Anda olah ialah bahan yang fresh serta mempunyai sertifikat halal.
B. Cara Membuat bakso acinya
Bahan Bakso aci:

• 0,5 kg daging segar
• 50 gram tepung kanji
• 0,5 sdt lada bubuk
• 1 sdt garam, sesuai selera
• 1 sdm bawang putih goreng
• 2 sendok makan bawang merah goreng
• 40 gr es batu, hancurkan
• 2000 ml air

1. Masukkan tepung kanji, bawang putih, bawang merah, lada, garam, dan daging sapinya kedalam baskom. Campur dengan tangan biasa atau menggunakan bantuan mixer, misal food processor yang tersedia di Ramesiamesin.com.

Haluskan daging dan bahan-bahannya hingga benar-benar hancur, halus dan tercampur rata. Pemanfaatan teknologi akan membantu kita dalam membuat bakso aci dan tentunya lebih efisien dalam hal waktu serta tenaga.

2. Jika adonan susah dicetak maka tambahkan es batu agar mudah dicetak.

3. Didihkan air dalam panci besar sampai panas.

4. Ambil bahan adonan selanjutnya genggam adonan bakso aci, lalu tekan agar adonan bisa keluar diantara selah ibu jari dan jari telunjuk. Ambil adonan yang telah muncul dengan bantuan sendok, lalu tuangkan bakso aci pada panci air yang telah kita panaskan. Begitu seterusnya hingga adonan habis.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-bakso-aci/

Peluang Usaha Makanan Cireng, Peluang Tepat Untuk Berbisnis Kuliner


Bisnis kuliner dapat disebut sebagai “bisnis abadi” sebab sejak bertahun-tahun yang lalu hingga sekarang usaha kuliner baik makanan dan minuman tidak akan pernah sepi oleh konsumen.

Dari yang kita ketahui, makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan utama yang jelas diperlukan oleh setiap manusia, inilah alasan mengapa dari tahun ke tahun usaha kuliner selalu ramai saja.

Apalagi wilayah Indonesia termasuk negara dengan tingkat konsumtif tertinggi di dunia yang membuat peluang bagi kita untuk ikut andil di usaha makanan ini semakin tinggi. Negara ini juga sangat terkenal dengan varian kuliner di tiap-tiap wilayah. Apabila kita amati sebenarnya ini bisa dijadikan sebagai bahan dasar “inspirasi” dalam mengawali bisnis makanan.

Di perkotaan sudah sangat banyak aneka ragam bisnis kuliner cireng yang target pasarnya sesuai dengan tren anak-anak muda di era sekarang. Sangat banyak ide-ide yang tercipta di tengah kompetisi bisnis yang sangat ketat.

Apabila kita amati para pelaku bisnis makanan cireng yang sukses, mereka selalu menelurkan “inovasi” yang fresh. Mereka tidak ikut-ikutan tren pasar, sebab selera pasar itu tingkat kejenuhannya tinggi. Maksudnya, sangat riskan terjadi pergeseran selera pasar dalam masa yang sangat singkat.

Karena inilah, kalau kita cermati pelaku bisnis yang berhasil di usaha makanan cireng ini sudah merencanakan sangat matang akan seperti apa model bisnis mereka ke depannya.

Di hal ini biasa kita sebut dengan istilah “riset pasar”. Pada intinya, riset pasar ini berfungsi supaya kita tahu karakteristik calon pembeli kita. Sehingga, kita dapat menyiapkan strategi produk dan metode promosi yang lebih tepat.

Saya Tidak Mempunyai Latar Belakang Pendidikan Memasak, Apakah Mampu?
Kebanyakan inikah yang terlintas di angan Anda kalau mau menciptakan bisnis kuliner makanan cireng?

Ya, tak hanya Anda kebanyakan orang juga kadang memikirkan hal demikian. Tak hanya usaha makanan cireng saja, tapi di semua bisnispun juga seperti itu. Apa bisa membangun usaha yang kita tidak punya background pendidikan apapun tentang usaha tersebut?

Baca juga  Cara Sukses Membuka Usaha Donat Secara Online
Jika kita perhatikan, sangat banyak orang-orang sukses berbisnis kuliner dan mereka tidak ada latar belakang pendidikan memasak sekalipun.

Penulis ambil contoh pemilik KFC, siapa sih yang belum tahu dengan fast food ini? KFC didirikan oleh Harland David “Colonel” Sanders.

Harland David memang mantan anggota tentara di Amerika Serikat dengan pangkat kolonel. Bahkan ia mengawali bisnis KFCini di umur 60 tahun! Bukan merupakan usia muda lagi bukan?

Salah satu alasan utama mengapa beliau sukses menjalankan KFC sampai sebesar ini adalah kegigihan dan passion yang kuat di bidang memasak.

Meskipun kita tidak mempunyai latar belakang pendidikan di bisnis yang akan kita bangun, namun asal kita mempunyai kemauan untuk serius mempelajari maka hal itu dapat diatasi.

Jadi, tak ada alasan bahwa kita tidak punya pengetahuan pendidikan dan usia yang masih terlalu muda atau cukup tua untuk membangun sebuah bisnis. Tidak ada istilah telat untuk memulai bisnis, tapi jika kita tidak mempunyai tekat untuk mengawalinya maka saat itulah kita telah gagal.

Lantas Apa Saja Potensi Bisnis Makanan yang Profitable?
Kalau boleh penulis katakan, sesungguhnya semuanya profitable. Sebab semuanya itu punya “market” masing-masing.

Misalkan produk makanan A pasarnya untuk anak muda, akan tetapi tidak cocok untuk orang tua. Dan mungkin saja produk B pasarnya untuk orang tua tapi tidak sesuai untuk anak muda.

Jadi, masukan dari penulis buatlah riset terlebih dulu tentang jenis cireng apa yang akan Anda jual. Riset yang paling penting ialah riset produk, target “market” dan lokasi memasarkan produk.

Setelah berhasil menentukan jenis cireng apa yang ingin dijual dan lokasi untuk berjualan maka Anda harus belajar mengatur manajemen produksi, pemasaran, dan lain sebagainya. Karena lokasi strategis dan produk bagus saja tidak cukup agar makanan cireng yang di jual bisa laku.

Nah jika riset sudah dilakukan dengan benar maka Anda telah siap untuk menjalankan usaha makanan cireng, segera mencari uang untuk modal awal. Anda bisa meminjam ke saudara atau keluarga terdekat, atau bisa saja menggunakan uang simpanan Anda.

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Gulali yang Lezat

Gulali yang lezat sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang lezat yang ...