Bisnis Es Batu Polar dengan Profit Besar

Pada dasarmya es batu hanyalah air yang didinginkan hingga di bawah nol derajat celicus, hingga air kemudian menjadi beku dan menjadi es. Es batu bisa terjadi secara alami ataupun buatan. Meskipun namanya adalah es batu, tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.

Seringkali es kering disandingkan dengan es batu. Dalam bahasa inggris juga keduanya cuma dibedakan dengan kata “dry”, di mana satu dinamai ice, satunya lagi dinamai dry ice. Memang kedua es itu memiliki kesamaan tujuan yaitu mendinginkan, tetapi cara dan zat pembentukannya berbeda. Es batu terbuat dengan air biasa atau H2O yang didinginkan. Di sisi lain dry ice atau es kering adalah karbondioksida atau CO2 yang dijadikan berbentuk padat.

Sekarang, dengan adanya teknologi freezer, penciptaan es batu di zaman ini gampang. Tugas Kita tinggal hanya menaruh air bersih di freezer & menunggunya beku. Tekonologi freezer pun pada saat ini bervariasi, mulai dari freezer yang berukuran kecil untuk kebutuhan pribadi, hingga yang besar untuk keperluan pelaku usaha.

Keperluan Individual dan Industri akan Bisnis Es Batu
Sekarang ini es batu telah hampir menjadi kebutuhan primer. Baik itu berupa kebutuhan bagi pribadi ataupun pasar. Bagi individu, es batu dibutuhkan dengan tujuan membuat minuman atau mendinginkan makanan. Di sisi lain bagi pasar atau industri, es batu digunakan bertujuan menciptakan produk atau mengawetkan produk. Misalnya seperti es batu menjadi pendingin untuk minuman es sampai dijadikan bahan pengawet untuk ikan yang dikirim dalam box kontainer.

Kesempatan Bisnis Es Batu
Bisa jadi tidak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya lumayan banyak permintaan es batu di pasar. Memang, jika cuma melihat bisnis “jual es batu” rumahan yang biasanya terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tak terlihat bahwa bisnis tersebut lumayan menguntungkan. Akan tetapi yang patut kita perlu untuk ketahui adalah bisnis es batu tidak cuma terdapat di “jual es batu” pinggiran atau rumahan itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Ini Dia Laporan Peluang Bisnis Roti
Di rumah makan atau restoran misalkan kita ambil contoh. Restoran membutuhkan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Di samping itu restoran juga menggunakan es batu untuk menjaga suhu dingin bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah agar ikan tetap segar.

Selain restoran kita bisa mengambil contoh di industri perikanan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Ikan harus lah tetap segar hingga terjual kepada pembeli supaya terjaga kualitasnya. Tidak jarang ini menjadi masalah karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu. Oleh karena itu Ikan harus dipelihara agar tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan itu adalah dengan memasukannya dalam wadah tertutup atau box yang memiliki suhu dingin. Dan cara untuk mendinginkan suhu di box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Sehingga keperluan pasar terhadap es batu tidak bisa dibilang kecil. Maka harus ada yang mengisi kebutuhan sekaligus peluang bisnis es batu ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal bisa memproduksi kurang lebih 10 ton es batu kristal per hari. Es tersebut ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari sales dengan harga itu ia dapat mendapat profit sampai lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga menjalani bisnis es batu kristal. Beliau memproduksi 4 ton es batu kristal per hari. Es batu itu dia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut ia meraup profit sampai 20%.

Ahmad berkata bahwa pengguna es batu kristal tak hanya terbatas pada restoran dan rumah makan saja. Pemesanan es batu dapat muncul dari pagelaran event-event, misalnya seperti Java Jazz. Event-event seperti Java Jazz dapat memerlukan es batu sampai 10 ton per hari.
Di 2 contoh keberhasilan bisnis es batu di atas yang kami bahas dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwa bisnis es batu memiliki peluang profit yang cukup besar.

Baca juga  Cara Membuat Tepung Beras Mudah dan Sederhana
Kebutuhan dalam Memulai Bisnis Es Batu
Tempat
Modal yang pertama-tama wajib kita siapkan adalah modal tempat. Meskipun barang es batu ini tidak terlalu begitu, tetapi bila kita sudah bermain di tahap “ton-ton-an” pasti harus memiliki tempat yang besarnya mencukupi. Bahkan di samping bangunan yang memadai, kita juga memerlukan bangunan yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu kalau tempat kotor akan memunculkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas akan menjadikan es tak tahan lama.

Di bangunan itu kita akan melaksanakan proses penciptaan es batu dengan bantuan mesin dan alat yang kita telah siapkan. Selain itu, kita juga membutuhkan tempat itu sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum es batu dikirimkan ke pelanggan.

Alat Pembuat Es Batu
Untuk membuat es batu dalam kuantitas besar sudah pasti kita memerlukan freezer khusus atau alat pembuat es batu.

Kita lihat contoh Ahmad di pembahasan sebelumnya. Dia memakai 200 juta untuk mendapatkan 3 unit mesin pembuat es dan pemasangannya. Sedangkan bangunan seluas 200 meter persegi telah ia punyai sebelumnya. Alat yang ia dapat dari Jepang itu bisa menghasilkan dua ratus kg es kristal dalam waktu 4 jam.

Jika tertarik mesin penghasil es batu yang lebih ekonomis bisa didapatkan di ramesia mesin.

Pengiriman
Kita juga harus menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk pengiriman, seperti misalnya packing dan kendaraan. Yang harus diperhatikan dari packaging ini adalah kapasitas untuk memelihara kehigienisan dan suhu dinginnya. Sedangkan yang harus diperhatikan dari kendaraan pengiriman adalah bahwa kendaraan tersebut patut dapat membawa dan menampung es hingga kuantitas ton.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-es-batu-polar/

Cara Membuat Bakso Kekinian yang Sedang Populer


Asal Usul Bakso
Bakso yang merupakan makanan yang merakyat di Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia lho, melainkan dari negeri Cina.

Penemuan bakso ini bermula pada akhir Dinasti Ming atau sekitar pada awal abad ke 17. Di suatu daerah bernama Fuzhou, terdapat seorang pria yang tinggal bersama ibunya yang sudah berusia lanjut dan sering sakit. Pria itu bernama Meng Bo.

Meng Bo sangat menyayangi ibunya dan dia prihatin dengan keadaan ibunya tersebut. Karena sakit dan usia yang lanjut, ibu Meng Bo tidak bisa lagi memakan makanan yang bertekstur keras contohnya daging. Padahal beliau sangat gemar memakan daging.

Untuk membahagiakan ibunya, Meng Bo berpikir keras tentang bagaimana agar ibunya masih bisa tetap makan daging. Hingga suatu hari, dia melihat tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan untuk kue mochi. Muncullah ide untuk menumbuk daging hingga lembut, lalu dibentuk bulat, kemudian direbus. Ibunya pun sangat senang.

Kabar Meng Bo yang berusaha membahagiakan ibunya dengan cara membuat bola-bola daging ini akhirnya menyebar ke seluruh masyarakat Fuzhou. Akhirnya masyarakat pun berbondong-bondong meminta Meng Bo untuk mengajari mereka cara membuat bakso.

Lalu, darimana kata bakso itu berasal? Bakso berasal dari dua kata yaitu Bak yang berarti babi dan So yang berarti sup. Akan tetapi, bukan berarti bakso di Indonesia tidak dapat dinikmati oleh para muslim.

Bakso yang awalnya dari Cina dan terbuat dari daging babi itu kemudian dimodifikasi. Kini, bahan baku bakso telah diganti dengan daging sapi.

manfaat cuka bakso

Cara Membuat Bakso yang Sedang Populer
Seiring berkembangnya zaman, banyak warung bakso mulai bermunculan. Hal ini yang memicu para produsen bakso untuk menciptakan inovasi bentuk dan nama bakso yang unik dan kekinian untuk memenangkan hati pecinta kuliner.

Berikut beberapa bakso yang sedang populer di kalangan masyarakat saat ini beserta cara membuatnya.

1. Bakso Keju
Keju memang salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk berbagai makanan mulai dari donat yang manis dan lembut hingga pasta yang gurih dan asin. Begitu juga dengan bakso. Apalagi jika keju yang digunakan adalah keju mozarella. Sensasi molornya membuat siapa saja ketagihan. Berikut ini adalah cara membuat bakso keju:

Bahan bakso:
1000 gram daging sapi giling
3500 ml air
11 sdm tepung tapioka
2 sdt baking powder
200 gram es batu serut
2 butir putih telur
3 ½ sdt garam
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm bawang merah goreng, haluskan
1 ½ sdt merica bubuk
Bahan kuah bakso:
3000 ml air sisa rebusan bakso
2 batang seledri, utuh
2 batang daun bawang, utuh
12 siung bawang putih, haluskan
Garam
Merica
Bahan isian bakso:
Keju mozzarella

Cara membuat:
Potong-potong daging lalu masukkan ke dalam food processor bersama dengan es serut. Proses hingga halus.
Tambahkan putih telur, tepung tapioka, garam, merica, baking powder, dan bawang putih serta bawang merah goreng yang telah dihaluskan ke dalam food processor. Proses lagi sampai tercampur rata dan benar-benar
Ambil adonan secukupnya, lalu isi dengan keju mozzarella.
Didihkan air. Masukkan bulatan-bulatan bakso.
Tunggu sampai mengapung. Angkat
Untuk kuahnya, gunakan air rebusan bakso. Masukkan semua bahan dan bumbu kuah kemudian tunggu hingga
2. Bakso Telur
Bakso dengan isian telur puyuh menang klasik, tetapi bukan berarti tidak menarik. Berikut cara membuat bakso telur:

Bahan:
500 gram daging sapi, iris tipis.
150 gram tepung tapioka.
40 butir telur puyuh.
1 sdm garam.
½ sdt merica bubuk.
½ sdt poly powder.
2 butir putih telur.
250 gram es batu.
1 siung bawah putih, haluskan.
½ sdm bawang putih goreng.
½ sdm bawang merah goreng.
Cara membuat:
Giling daging sapi dan garam menggunakan food processor (jika tidak ada food processor, boleh juga menggunakan blender) hingga agak lembut.
Tambahkan poly powder, putih telur, es batu, bawang putih, bawang putih goreng, bawang merah goreng, dan merica bubuk. Giling hingga lembut dan bumbu tercampur rata.
Masukkan tepung kanji dalam adonan. Uleni hingga kalis.
Ambil sedikit adonan, pipihkan dan letakkan telur puyuh yang sudah matang di atasnya. Bentuk bulat-bulat.
Masukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih. Rebus hingga matang dan mengapung. Angkat.



No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Gulali yang Lezat

Gulali yang lezat sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang lezat yang ...