Cara Membuat Gulali yang Lezat

Gulali yang lezat sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang lezat yang terbuat dari gula jawa. Gulali yang lezat ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali yang lezat dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Jenis gulali yang lezat selanjutnya adalah gulali yang lezat yang dibuat dari gula pasir. Gulali yang lezat jenis ini lebih terlihat berwarna karena para penjual gulali yang lezat ini biasanya mencampurkan pewarna makanan untuk membuatnya lebih menarik.

Gulali yang lezat ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak kecil semakin menyukainya. Bahkan, gulali yang lezat ini terkadang bisa ditiup untuk menghasilkan bunyi layaknya peluit.

Gulali yang lezat yang selanjutnya dibuat menggunakan campuran tepung. Para penjual gulali yang lezat ini biasanya menarik-narik adonan gulali yang lezat ini sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mi atau benang sutra.

Banyak orang menamakan gulali yang lezat jenis ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek.

Jenis gulali yang lezat yang terakhir dibuat dengan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tadi dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali yang lezat jenis ini lebih populer dengan nama arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali yang lezat di atas sudah sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka macam gulali yang lezat tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang cukup mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali yang Lezat dari Gula Jawa
Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang lezat yang terbuat dari gula jawa atau gula merah. Konon ceritanya, gulali yang lezat jenis ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang lezat yang ada saat ini.

Gulali yang lezat jenis ini berwarna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu. Gulali yang lezat dari gula jawa atau gula merah ini biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali yang Lezat dari Gula Pasir
Gulali yang lezat ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa menambahkan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya menjadi lebih menarik ketika dibentuk.

Gulali yang lezat jenis ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukai gulali yang lezat ini.

Baca juga  Peluang Bisnis Bakso Cup
Dan bahkan, gulali yang lezat gula pasir ini terkadang bisa kita tiup untuk menghasilkan suara siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.

Permen Gulali yang Lezat dari Rambut Nenek
Gulali yang lezat jenis ini dibuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali yang lezat jenis ini sedemikian rupa sampai gulali yang lezat ini berbentuk mirip seperti mie atau seperti benang sutra.

Banyak orang menyebut gulali yang lezat jenis ini dengan istilah rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama Gulali yang lezat Rambut Nenek.

Konon katanya, orang-orang Cina sering menyebut gulali yang lezat jenis ini dengan sebutan jenggot seekor naga.

Permen Gulali yang Lezat Arum Manis
Jenis gulali yang lezat yang terakhir ini dibuat dengan menggunakan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula halus, namanya Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti kapas oleh karena itu gulali yang lezat jenis ini sering disebut permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali yang lezat jenis ini lebih populer dengan nama gulali yang lezat arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali
Resep Permen Gulali yang Lezat dari Gula Jawa
Bahan

– 1/2 kg gula jawa atau gula merah yang dihaluskan sebelumnya

– 125 ml air atau secukupnya

– Kacang tanah potong kecil-kecil

– Tusuk sate

Cara Membuat

Masukkan gula merah atau gula jawa dan air ke dalam wajan lalu aduk-aduk hingga tercampur dengan rata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu taruh wajan tersebut di atasnya.
Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
Jika adonan sudah mengental, sila mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali yang lezat tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang lezat yang sudah ditusuk tadi dengan plastik lalu masukkan ke dalam toples.
Resep Permen Gulali yang Lezat dari Gula Pasir
Bahan

– 1 kg gula pasir

– 1 sdm asam citrun

– 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry

– 1 sdm asam citrun

– 100 ml air matang atau 3/4 gelas sedang

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-gulali-yang-lezat/


Cara Membuat Jus Anggur yang Segar Lagi Nikmat


Cara Membuat Jus Anggur Supaya Rasanya Enak, Lezat dan Nikmat Saat Dikonsumsi
Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa minuman jus anggur buatan sendiri cita rasanya aneh, tidak lezat, tidak fresh atau bahkan membuat perut tidak nyaman (eneg)? Padahal langkah-langkah mengolahnya sudah benar dan berbagai bahan juga sudah komplit. Apa masih ada yang salah?

Tentunya Anda sudah paham jika buah-buahan yang digunakan sebagai bahan utama olahan jus mempunyai kandungan vitamin, gizi, nutrisi serta enzim.

Hal itulah yang menjadi faktor utama olahan minuman jus buah anggur menjadi salah satu minuman berkhasiat yang disukai masyarakat. Selain cita rasa yang enak, cara mengolahnya juga sederhana, hanya membutuhkan sebuah mesin blender.

Apakah Anda tahu, minuman jus yang dibuat menggunakan blender sebenarnya termasuk dalam jenis smoothies?

Perhatikan ciri-cirinya :
Jus atau smoothies tekstur kental, mengenyangkan serta memiliki bentuk seperti bubur buah. Sedangkan jus (juice) yang sebenarnya adalah sari buah, umumnya dibuat menggunakan mesin bernama juice extractor.

Kendati demikian, keduanya memiliki manfaat kesehatan yang sama, hanya saja beda dari segi tampilan dan bentuk. Tidak menjadi masalah apabila Anda menyebut smoothies menjadi jus, toh orang-orang Indonesia lebih mengenal istilah tersebut.

Cara mudah Membuat Minuman Jus Buah Supaya Memiliki Rasa Fresh
Sebisa mungkin memilih bahan buah anggur yang masih bagus agar rasa dan vitamin yang terkandung bisa diperoleh dengan maksimal. Hindari mencampur dua bahan atau lebih dengan bau yang keduanya sama menyengat atau tajam.

Supaya tampilan jus lebih menarik, pakailah beberapa variasi komposisi yang beraneka warna. Misalnya jus anggur diolah dengan jambu merah atau buah jenis lain.

Baca juga  7 Tips Mengenalkan Sate Gagak di Indonesia
Jangan ragu untuk memasukan air perasan jeruk lemon pada jus bikinan Anda dikarenakan air tersebut dapat menambah cita rasa dan juga menghilangkan bau tidak sedap terhadap bahan tertentu. Air perasan buah lemon dapat membuat jus menjadi lebih nikmat.

Tiga cara agar minuman jus anggur menjadi lebih enak:
1) Campurkan es serut ke dalam blender bersama bahan yang lain
2) Pakailah air es dingin bukan air putih
3) Pakailah air putih kemudian masukan beberapa potongan es batu di atas jus yang siap saji.

Apabila memungkinkan, jangan tambahkan pemanis, susu manis ataupun sirup karena dapat menghambat penyerapan vitamin oleh tubuh.

Namun bila mengharuskan, buatlah pemanis. Caranya rebus gula pasir bersama air dengan skala 1:1. Sirup gula lebih mudah larut dan menyatu dengan minuman jus anggur dibanding gula pasir biasa.

Setelah jadi, alangkah baiknya minuman jus anggur segera dikonsumsi karena bila terlalu lama didiamkan maka vitamin dalam jus akan rusak akibat udara dan ultraviolet, hal ini mengakibatkan rasanya kurang enak dan juga manfaatnya tidak maksimal.

Waktu yang terbaik untuk minum minuman jus adalah sebelum makan agar penyerapan zat-zat gizi di dalamnya bisa optimal.

Takaran minuman jus anggur untuk anak berumur enam bulan ke bawah baiknya tidak melebihi dari 177 ml atau tidak lebih dari satu gelas standar / hari.

Bonus Tips
Apabila memakai juicer, pakailah hanya buahnya sedangkan komposisi lain seperti air putih, susu, madu, sirup gula tidak usah dipakai. Anda bisa memasukan es batu sesudah sari buahnya keluar atau menyimpan kedalam kulkas supaya minuman jus terjaga kesegaranya.

Kembali ke pengertian awal, minuman jus adalah sari buah yang dibuat dengan cara memeras kandungan air dalam buah anggur tersebut.

Oleh karena yang dihasilkan adalah sari buah anggur, lambung akan terhindar dari rasa tidak nyaman atau mual. Lain apabila menggunakan blender, dimana yang dihasilkan adalah bubur buah dengan bentuk kental dan mengenyangkan perut pasti akan jenuh bila terus meminumnya setiap hari.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Tepung Terigu Bersama Ramesiamesin
Jalan keluarnya, gunakan kain tipis (kasa) atau saringan khusus untuk memisahkan minuman jus dengan buih maupun serat-serat buah yang tidak hancur dengan maksimal.

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Jus Anggur :
1) buah anggur yang sudah matang
2) 80 mili liter gula cair, air mineral seperlunya
3) Es batu seperlunya
4) Mesin blender

Cara Mudah Membuat Jus Anggur :
1) Cuci semua buah anggur yang sudah disiapkan hingga bersih.
2) Campurkan semua bahan ke dalam mesin blender dan proses sampai halus.
3) Saring berikutnya tuang ke dalam gelas.
4) Sajikan segera



No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Gulali yang Lezat

Gulali yang lezat sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang lezat yang ...