Bisnis Keripik Buah di Kota Malang

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah, budaya, cerita, dan makanannya. Terlebih untuk perihal makanan, wiih udah nggak ditanyakan lagi, bisa dikatakan Indonesia tuh surganya semua jenis makanan. Mulai dari yang harganya selangit, sampai yang harganya, yaa cukup laah untuk kita-kita yang isi dompetnya sedikit.

Bahkan sebagian diantaranya, ada yang sampai masuk ke dalam daftar makanan paling enak yang ada di dunia loh. Nah, satu dari sekian banyak yang ada diantaranya yang cukup terkenal dikalangan orang Indonesia adalah, keripik. Siapa yang tidak tahu dengan camilan yang memiliki tekstur renyah yang satu ini? Mungkin yang nggak tau masih penasaran, makanan apaan sih itu?

Keripik adalah salah satu cemilan yang banyak disukai dan di-favoritkan oleh hampir semua kalangan masyarakat yang ada di Indonesia. Apalagi kalau seandainya dilihat dari segi kandungannya yang lumayan bergizi dan memiliki karbohidrat tinggi, yaa meskipun agak berkalori juga sih. Tapi jangan salah ya, keripik juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita loh.

Di luar dari itu, buah-buahan sendiri mempunyai bermacam-macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Diantaranya adalah, bisa menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Disamping memiliki berbagai macam manfaat yang banyak, buah-buahan juga mempunyai rasa yang cukup enak, apalagi dijadikan keripik.

Terlebih keripik buah memang memiliki cita rasa dan level kerenyahan yang sangat disukai oleh banyak orang. Proses pembuatannya pun juga terbilang sangat mudah dan sederhana, sehingga banyak orang yang minat dengan salah satu jenis produk makanan ringan ini. Untuk langkah pemasarannya pun juga nggak terlalu sulit, jenis cemilan yang satu ini bisa dipasarkan hampir ke seluruh golongan, contohnya kepada para pedagang perantara, ruko, toko-toko kecil, rumah makan, pasar, serta swalayan.

Berkembangnya usaha keripik buah di tiap-tiap daerah bisa terjadi karena banyaknya peminat dari keripik buah ini. Dan salah satu daerah penghasil keripik buah terbesar di Indonesia adalah kota Malang. Di kota ini akan dijumpai banyak sekali penjual keripik buah dari yang skala kecil hingga industri besar. Jadi potensi keripik buah di kota Malang termasuk bagus dan peluang yang besar.

Baca juga  Tips Bisnis Donat Kentang Rumahan dengan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga
Nah, seiring dengan naiknya permintaan para konsumen untuk jenis dan varian dari keripik buah. Karena itu, para produsen telah membuat variasi terbaru dari keripik buah agar bisa memenuhi permintaan para penggunanya. Contoh varian baru yang dilakukan oleh para produsen diantaranya adalah, menciptakan keripik buah dengan berbagai rasa, mulai dari manis, keju, asin, dan yang lain sebagainya.

Sejalan dengan inovasi-inovasi baru yang ada, trend keripik yang satu ini masih jarang diketahui oleh masyarakat, namun peminat jenis keripik yang satu ini sudah sangat meningkat secara signifikan jumlahnya. Sudah tidak sedikit para pedagang yang beralih mengubah jenis dagangan keripiknya dengan jenis keripik-keripik yang berbeda, dan dibuat dengan brand-nya masing-masing.

Apalagi camilan yang satu ini memang menjadi salah satu cemilan yang tak pernah terlupakan untuk dinikmati saat santai, berkumpul, berekreasi, dan yang lainnya. Disamping itu, peluang usaha keripik buah juga masih sangat menggiurkan, dan manawarkan keuntungan yang tidak sedikit jumlahnya. Bahkan, sudah banyak para pengusaha keripik buah yang sukses dan memiliki omzet ratusan juta setiap bulannya.

Terlebih, untuk memulai bisnis keripik buah ini tentu tidaklah sulit seperti apa yang Anda takutkan, malah bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Nah, untuk Anda yang berkeinginan untuk terjun langsung dalam usaha keripik buah sebagai usaha yang akan Anda jalankan. Di bawah ini kami sudah berikan beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui atau persiapkan sebelum mengawali bisnis tersebut:

1. Langkah pertama, kenali terlebih dahulu jenis buah dengan kualitas yang bagus. Untuk mengetahui jenis buah yang bagus ini, Anda perlu menjalin langsung kerjasama dengan para petani buah. Dengan cara kerjasama ini, pastinya Anda akan memahami mana jenis buah yang memiliki kualitas, dan bahkan Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ada di pasaran.

2. Kemudian, persiapkan perlengkapan yang akan dibutuhkan dalam mempermudah proses pembuatan keripik buah. Contohnya seperti mesin pengemas, plastik kemasan, mesin labeling, alat-alat memasak, dan yang lainnya.

3. Selanjutnya, tingkatkan kemampuan serta pengetahuan Anda tentang cara mengolah keripik buah dengan benar dan tepat. Cobalah semaksimal mungkin agar bisa memproduksi keripik buah dengan hasil yang renyah dengan cita rasa yang enak.

Baca juga  Peluang Usaha Nusantara, Bisnis Waralaba Roti Boy
Untuk keunikan, sebisa mungkin buat rasa keripik buah Anda mempunyai ciri khas spesial yang tidak dimiliki para produsen keripik buah yang lainnya.

4. Tak cuma itu saja, dengan mesin kemas yang berkualitas, pastinya akan membuat kemasan Anda menjadi unik dan menarik untuk digunakan pada produk keripik buah yang Anda buat.

Nah, untuk mendapatkan mesin kemasan yang murah dan memiliki kualitas, udah bisa dipastikan Ramesia tempatnya. Ramesiamesin adalah penyedia segala bentuk mesin untuk makanan, terbesar di Indonesia. Selain cita rasanya yang enak dan lezat, kemasan produk tentu juga memiliki daya tarik tersediri untuk para konsumennya.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-keripik-buah-malang/


Membuat Capcay dengan Maizena


Selain itu, cap cay juga bisa dimasak menjadi berbagai macam hidangan makanan keseharian terlebih dibuat menjadi sayur sop yang gurih. Dilengkapi beberapa rempah-rempah yang membuat sehat, kuliner ini tentu akan meningkatkan gairah makan Anda kembali tergugah. Baik dengan cara dioseng ataupun dengan cara dikuah, cap cai sama-sama lezatnya.

Capcay, cap cay atau cap cai adalah salah satu menu kuliner yang bersumber dari budaya warga Tionghoa. Istilah capcay sendiri mempunyai arti sepuluh sayur, namun tidak berarti kita mesti menggunakan 10 jenis sayuran saat membuat capcay. Lebih tepatnya, capcay bisa diartikan sebagai kuliner yang menggunakan banyak sayuran sebagai bahan utamanya.

Cap cai yang akan kita bahas kali ini merupakan jenis cap cai sederhana. Sebenarnya, resep capcay sederhana tidak jauh berbeda dengan cap cai jenis lainnya karena semua jenis capcay menggunakan banyak sayuran, dan yang membedakan hanya cara pembuatannya. Sesuai istilahnya, cara memasak berbagai varian sayuran ini dapat dimasak menggunakan kuah atau dapat juga ditumis dengan air secukupnya.

Ketika memasak capcay, lagi-lagi tidak ada resep yang pasti & tidak harus menambahkan 10 jenis sayuran. Seperti umumnya, bahan-bahan baku capcay sederhana diantaranya adalah: kembang kol, buncis, sawi, cai sim, kapri, jamir kuping segar, jagung muda dan lain-lain. Resep cap cai sederhana tidak mematok jumlah atau jenis sayuran, semua kembali pada minat dan ketersediaan bahan.

Resep Capcay Sederhana Lezat dan Praktis
Saat memasak capcay, yang sepatutnya kita perhatikan ialah tekstur sayuran supaya tidak terlalu lembek. Seandainya terlalu lembek, maka nilai vitamin yang terkandung didalamnya akan berkurang dan tampilan capcay juga menjadi kurang indah. Masaklah beberapa saat tetapi jangan sampai terlalu lama dan terlalu masak. Dan sebelum memasak, pastikan sayuran telah dicuci bersih demi menjaga kebersihannya.

Bahan-bahan Pokok Resep Capcay Sederhana
1. 5 bh jagung muda.
2. 5 bh kembang kol, tiris menjadi dua
3. 5 potong brokoli, jadikan dua
4. 5 batang buncis, iris serong
5. 1 btg wortel, iris tipis-tipis
6. 6 buah jamur kancing, belah dua
7. 6 butir bakso sapi, lalu diiris
8. 6 ekor udang kupas
9. 10 buah kapri muda, iris serong
10. 1 buah caisim, potong yang sedang-sedang
11. 1 buah swai hijau, potong sedang
Bumbu – bumbu
1. 4 suing bawang merah, cincang halus
2. 2 butir bawang putih, cincang hingga halus
3. 1 bh bawang bombay, potong dadu
4. 1 batang daun hijau bawang, potong pendek-pendek
5. 1 bh tomat, potong dadu
6. 2 cm jahe, lalu tumbuk
7. 1 sdt garam
8. 1 sdt gula pasir
9. 1/2 sdt merica jenis bubuk
10. 2 sendok makan saus tiram
11. 1 sdm kecap manis
12. 1 sendok makan tepung maizena
13. 50 milliliter kaldu ayam cair
Cara Memasak Capcay Sederhana
1. Siapkan semua bahan baku dan pastikan sudah dibasuh bersih sebelumnya, siapkan bumbu penyedap, larutkan tepung maizena ke dalam kaldu ayam cair, kemudian.
2. Masak semua bawang merah, semua bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
3. Tambahkan tomat, jahe dan daun bawang, masak sebentar hingga daun bawang agak layu.
4. Tambahkan semua bahan, lalu panaskan beberapa menit.
5. Taburkan garam, gula pasir, bubuk merica, saus tiram dan kecap manis. aduk sampai rata.
6. Terakhir, tambahkan larutan sagu maizena dan bumbu kaldu ayam berbentuk cair, olah hingga air masak dan semakin terasa.
7. Angkat dan sajikan dengan hangat.
Resep capcay goreng ataupun capcay kuah memang sangat fleksibel. Kita dapat memasukkan berbagai pilihan sayuran kedalamnya sehingga kaya akan nilai gizi yang baik untuk tubuh terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Proses membuat capcay sederhana juga sangat mudah, maka dari itu hidangan yang satu ini sering kali menjadi andalan para ibu-ibu muda. Enak, sederhana dan praktis. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Gulali yang Lezat

Gulali yang lezat sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang lezat yang ...