Melirik Peluang Usaha Susu Kedelai Asam Lambung yang Menjanjikan

Peluang bisnis yang menjanjikan dengan modal tidak sampai satu juta, misalnya usaha susu kedelai asam lambung sangat cocok dijalankan bagi perorangan yang baru memulai bisnis. Apalagi bisnis ini termasuk minim resiko sebab dapat dikerjakan dengan modal rendah.

Meskipun peluang usaha susu kedelai asam lambung kecil-kecilan ini terbilang remeh namun bila serius menjalankannya, maka bisnis di rumah tanpa modal besar yang menjanjikan tersebut bisa cukup membantu memperoleh penghasilan lebih.

Susu kedelai asam lambung ialah salah satu hasil olahan dari bahan baku biji kedelai. Susu kedelai asam lambung banyak kandungan protein dengan susunan asam amino yang sama dengan kandungan protein pada susu sapi. Ini yang membuat susu kedelai asam lambung sebagai pengganti dari susu sapi, terutama bagi orang-orang yang alergi terhadap protein susu sapi.

Susu kedelai asam lambung ini memang bagus bagi kesehatan serta jadi minuman yang amat familiar bagi golongan vegetarian. Banyak kalangan yang suka minum minuman ini dimulai dari anak kecil hingga yang dewasa. Minuman ini punya kelebihan bagi orang-orang yang mengkonsumsinya yaitu terdapat kandungan protein yang bagus bagi kesehatan tubuh serta untuk tulang. Selain dari itu minuman ini juga bisa menangani kolesterol jahat yang berada di tubuh.

Susu kedelai asam lambung menjadi minuman yang memiliki nutrisi yang tinggi terlebih untuk kandungan protein. Selain memiliki protein yang tinggi susu kedelai asam lambung ini juga sumber kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Minum susu kedelai asam lambung  sama sehatnya dengan minum susu sapi. Meskipun jika dibanding dengan susu sapi, harga dari susu kedelai asam lambung  ini cukup terjangkau.

Minuman ini dapat dibuat dengan proses yang simpel menggunakan peralatan serta teknologi sederhana. Dalam membuatnya pun tidak butuh ketrampilan khusus.

Dikarenakan segudang khasiat pada minuman kedelai asam lambung ini, maka dapat dimanfaatkan untuk sasaran bisnis demi mendapatkan pundi-pundi uang. Prospek dalam usaha susu kedelai asam lambung ini sangat menjanjikan jika dijalankan dan gampang untuk dipelajari. Bahan baku pembuatan susu kedelai asam lambung  ini bisa didapat dengan gampang sehingga untuk memulai usaha susu kedelai asam lambung ini cukup simpel.

Baca juga  Bisnis Abon Sehat
Persiapan dan Langkah Memulai Usaha Susu Kedelai Asam Lambung
Umumnya umum tak ada persiapan yang khusus ketika membuat susu kedelai asam lambung. Sebab alat-alat yang dipakai biasanya adalah peralatan dapur yang pasti ibu rumah tangga telah memiliki peralatan tersebut. Bahkan banyak yang sudah terbiasa menggunakannya dalam kegiatan masak-memasak di rumah. Peralatan tersebut antara lain:

Blender
Alat ini harus dipunyai sebagai modal bisnis yang nantinya akan dipakai tiap kali membuat susu kedelai asam lambung. Pastinya pilih blender dengan kualitas bagus agar penggunaannya bisa tahan lama. Dengan dana kurang lebih 500 ribu maka sudah dapat blender bermerek yang bagus dan awet.

Baskom dan Penyaring
Hal ini juga sangat perlu untuk dipunyai. Penyaring dipakai sebagai alat menyaring susu kedelai asam lambung agar halus serta enak untuk diminum. Sedangkan baskom dipakai sebagai tempat simpanan sementara hasil penyaringan susu kedelai asam lambung. Dengan dana sekitar 100 ribu untuk bisa memperoleh kedua peralatan ini.

Corong
Dibutuhkan corong untuk menyajikan susu kedelai asam lambung yang telah jadi agar mencegah tumpahnya susu kedelai.

Sendok sayur
Sendok sayur dipakai untuk menyendok bermacam bahan yang digunakan dalam proses pembuatan susu kedelai asam lambung agar tetap steril dan susu dapat tahan lama.

Perlengkapan:

Meja
Tempat es
Plastik kemasan
Sedotan
Bahan-bahan:

Kedelai 5 kg
Untuk permulaan usaha cukup siapkan kedelai sejumlah 5 kilogram. Harga kedelai paling mahal berkisar 20 ribu/kilogram. Total 100 ribu terpakai untuk membeli bahan kedelai.

Gula dan bahan-bahan lain.
Sediakan budget sekitar 100 ribu guna membeli gula juga bahan lainnya. Apabila dijumlah kesemua peralatan, perlengkapan serta bahan diatas maka akan menghabiskan modal kurang dari 1 juta rupiah saja.

Proses Membuat Susu Kedelai Asam Lambung
Merendam
Bersihkan biji kedelai dari kulitnya lalu setelah itu merendamnya dalam air bersih hingga 10-16 jam.

Menggiling
Sehabis direndam, selanjutnya menggiling biji kedelai dengan blender dan saring hasil gilingan tadi untuk mendapatkan air kedelainya yang mempunyai warna putih. Sampai tahap ini prosesnya telah 75% selesai.

Merebus

Sumber : https://ramesia.com/usaha-susu-kedelai-asam-lambung/

Bisnis Air Minum dalam Kemasan


Minuman kemasan merupakan salah satu macam minuman favorit untuk banyak orang, terutama anak kecil. Iklan produk minuman kemasan ini hampir setiap hari kita temukan di media massa. Selain mudah untuk didapatkan di pasaran, minuman kemasan ini juga memiliki aneka pilihan rasa dan kandungan gizi.

Minuman kemasan ini juga mudah dibawa berpergian atau bekal sekolah anak. Hal itu dikarenakan bungkusnya yang bisa langsung dibuang begitu isinya habis. Macam-macam minuman kemasan yang sering kali ditemukan di pasaran kebanyakan dikemas menggunakan kaleng, botol, kardus minuman, dan plastik.

Jenisnya dapat berupa jus buah-buahan, susu, teh, yoghurt, soda, sirup, minuman berenergi dan lain-lain. Macam-macam tersebut tersedia hampir untuk seluruh kalangan, mulai dari untuk anak-anak hingga untuk orang tua yang telah lanjut usia.

Perhitungan Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Bisnis minuman kemasan adalah jenis usaha yang begitu menggiurkan. Karena tergolong jenis bisnis kuliner, bisnis minuman kemasan tidak akan pernah kehabisan konsumen. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor konsumen yang selalu memerlukan minuman.

Sekarang ini bisnis minuman dalam kemasan mulai dikuasai oleh perusahaan berskala besar. Tentunya kita sering melihat berbagai macam brand minuman kemasan dengan jenis dan rasa yang beragam di mall. Contohnya seperti susu rasa vanila, cokelat, stroberi, dan lain-lain.

Lalu dapatkah kita memulai bisnis minuman kemasan ini dengan skala rumahan yang tak memerlukan modal besar? Tentu saja bisa, terlebih lagi saat ini peluang usaha dalam hal ini sedang cukup besar karena dilihat dari sisi kepraktisannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Dapat kita lihat bahwa mulai banyak juga orang yang sudah menjalankan bisnis ini, tak jarang banyak pula yang akhirnya menggapai kesuksesan, seperti mengemas minuman yoghurt dalam cup, jus buah, dan semacamnya. Produk mereka cukup diminati oleh para pembeli walaupun skalanya tak tersebar secara luas seperti produk dari industri ternama.

Cara Menjalankan Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan bisnis minuman dalam kemasan? Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis minuman kemasan ini, berikut ini ada 5 poin penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis minuman kemasan.

Baca juga  Menikmati Kesegaran Es Buah, Sesegar Keuntungannya
1. Buatlah Produk Berkualitas

Produk berkualitas dan aman dikonsumsi adalah syarat wajib yang paling utama. Anda tidak boleh menurunkan kualitas minuman kemasan hanya demi harga yang murah. Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh kualitas produk bertanggung jawab untuk kesehatan konsumen. Ciri produk berkualitas antara lain sebagai berikut:

a) Awet Namun Sehat

Minuman kemasan yang telah kecut artinya sudah basi dan tak sehat lagi. Jika Anda bingung dengan pengawet yang sesuai dengan minuman Anda, Anda bisa mencoba untuk bertanya kepada mahasiswa teknologi pangan atau mengunjungi BPOM setempat.

b) Kemasan Tidak Menggelembung

Kemasan yang sudah menggelembung juga artinya mencirikan bahwa minuman tersebut sudah tak layak untuk diminum lagi. Minuman tersebut sudah mengandung bakteri yang tidak baik bagi kesehatan. Bakteri itu pula yang mengakibatkan kadar gas memenuhi kemasan sehingga mengakibatkan kemasan menggelembung.

2. Buat Kemasan yang Menarik

Bungkus yang unik akan sangat menarik perhatian para pembeli. Desain mesti menarik perhatian serta mudah diingat oleh para pembeli. Jika Anda kerepotan atau tidak bisa mendesain, Anda dapat menyewa jasa desainer grafis untuk mendesainnya.

3. Kemasan yang Pas dan Sesuai

Ukuran kemasan seharusnya sesuai dengan banyaknya isi minuman yang akan kita tawarkan. Kemasan ada baiknya jangan menggunakan ukuran terlalu besar dan tidak terlalu kecil pula. Siapkan kemasan seimbang supaya tak ada kesan terlalu mahal di benak calon pembeli.

4. Titipkan ke Kantin Sekolah dan Warung

Kantin dan warung dapat dijadikan strategi yang baik dalam pemasaran. Hal ini disebabkan kantin sekolah serta warung telah mempunyai pelanggan tetap mereka. Yang perlu kita lakukan adalah bernegosiasi masalah harga dengan mereka. Setelah itu, keuntungan akan selalu mengalir seiring dengan larisnya penjualan.

5. Promosi Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Anda bisa melakukan promosi baik secara offline ataupun online. Walaupun pada dasarnya kedua strategi promosi tersebut cukup penting, tapi jika Anda hanya melakukan salah satu di antaranya pun bukan masalah. Namun, akan lebih sempurna jika menggunakan keduanya sebagai sarana promosi produk minuman kemasan yang Anda jual.

Baca juga  Begini Cara Membuat Masker Kopi di Rumah! Mudah dan Khasiatnya Berlimpah
a) Promosi Secara Offline

Promosi secara offline merupakan cara melakukan promosi yang dikerjakan secara langsung di kehidupan nyata. Anda dapat menawarkan produk Anda langsung kepada masyarakat. Selain itu, masih ada lagi teknik lain yang dapat Anda lakukan dalam rangka promosi secara offline.

b) Promosi Secara Online

Promosi secara online dapat dilakukan dengan menggunakan iklan-iklan yang terdapat di internet. Misalnya seperti facebook ads, adwords, instagram ads, dan sebagainya. Anda juga dapat beriklan dengan menitipkan status kepada pengguna sosial media seperti instagram atau twitter yang memiliki pengikut yang begitu banyak.

Cara lainnya untuk melakukan promosi online yaitu dengan memanfaatkan reseller. Mereka akan menjadi orang kedua yang akan mempromosikan minuman kemasan yang kita tawarkan. Dengan adanya reseller, produk yang kita jual akan semakin banyak mendapatkan pembeli.

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Gulali yang Lezat

Gulali yang lezat sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang lezat yang ...